10 Manfaat Menangis

103 views

Pupul.org – 10 Manfaat Menangis, 10 Manfaat Menangis

10 Manfaat Menangis

Menangis, bukan berarti kita cengeng. Menangis adalah salah satu hal yang terjadi pada setiap diri manusia. Menangis tidak hanya karena perasaan sedih atau senang yang kita rasakan, namun bisa juga karena masuknya benda asing ke dalam mata kita, misalnya saja waktu kelilipan, mungkin tanpa kita sadari, kita mengeluarkan air mata.
Menangis juga memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain:
1.    Meningkatkan Suasana Hati
Bila terlalu banyak kadar zat mangan (Mn), maka dapat menyebabkan kecemasan, kelelahan, kegelisahan, mudah marah dan perasaan tidak baik lainnya. Tetapi dengan menangis, maka dapat menurunkan kadar mangan seseorang. Karena, air mata yang keluar saat sedih, mengandung konsentrasi protein 24% lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan keluar dari tubuh.
2.    Menurunkan Stres
Menangis baik untuk menurunkan stres. Air mata dapat mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh yang diakibatkan oleh stres, seperti endorfin maupun prolaktin. Di sisi lain, air mata juga meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stres, seperti penyakit jantung, maag maupun tekanan darah tinggi.
3.    Mendekatkan Diri dengan Orang Lain
Dengan menangis, dapat merubah pandangan seseorang dan dapat menyatukan orang dengan cara yang tulus. Menangis dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.
4.    Membantu Penglihatan
Salah satu fungsi air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Selain itu, air mata juga membuat bola mata kita tidak kering dan melumasi bola mata serta kelopak mata. Dengan fungsi-fungsi tersebut, maka mata kita dapat melihat.
5.    Mengeluarkan Racun
William Frey, seorang ahli biokimia meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan, lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata yang terbentuk ketika kita mengalami kesedihan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang terbentuk dari stres.
6.    Membunuh Bakteri
Air mata adalah zat yang dapat membunuh bakteri. Air mata bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim. Lisozim merupakan cairan antikuman yang dapat membunuh 90% hingga 95% bakteri dalam 5 hingga 10 menit.
7.    Meringankan Beban
Dengan menangis, dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan stres berkurang. Mungkin Anda pernah merasakannya, dimana saat beban pikiran terlalu berat, kita menangis sejadi-jadinya. Setelah itu, perasaan akan menjadi lebih baik. Itu sebabnya, menangis itu perlu saat kita menghadapi kondisi stres atau depresi, karena menangis adalah penyembuh alami. Tak peduli laki-laki maupun perempuan. Menangis tetap kita perlukan.
8.    Membuat Lebih Bahagia
Ada fakta lain tentang menangis. Dengan menangis ternyata dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Hal tersebut menyebabkan perasaan menjadi lebih stabil dan semangat atau mood akan menjadi lebih baik setelah menangis.
9.    Melancarkan Tekanan Darah
Jika kita menahan tangis, stres akan terus menumpuk dalam pikiran kita. Akibatnya, tekanan darah juga akan meningkat. Dari hal tersebut, terlihat jelas korelasi antara menangis dan tekanan darah. Jika Anda tidak mampu lagi menahan stres, maka lebih baik menangislah.
10. Menyehatkan Hidung
Menangis juga memiliki manfaat bagi pernapasan. Salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan adalah sinusitis. Sinusitis adalah radang sinus. Peradangan pada sinus mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal. Setiap tahun, penderita penyakit yang satu ini semakin meningkat. Penderita akan mengalami rasa sakit di bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan, sehingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah, yang kadang juga mengakibatkan bengkak. Menangis berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.
Menangis adalah anugrah serta nikmat dari Yang Maha Kuasa, sehingga siapapun harus mensyukurinya dan jangan sesali air mata yang terjatuh. Demikian 10 manfaat menangis, semoga bermanfaat.


Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  10 Manfaat Menangis, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  10 Manfaat Menangis berguna untuk anda.

Leave a reply "10 Manfaat Menangis"