3 Hal Sepele yang Bisa Membuat Perkembangan Bisnis Terhambat

76 views

Pengertian+Resiko+Usaha+3

If the plan doesn’t work. Change the plan, not the goal.

Menjalankan bisnis tentu membuat kita belajar hal-hal baru setiap hari. Melalui pelajaran tersebut, kita pun bisa mengembangkan bisnis dan bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar. Namun selama ini mungkin kita harus mengelola banyak hal. Hingga akhirnya kita lupa dengan hal-hal sepele yang bisa membuat perkembangan bisnis jadi terhambat.

Jika kita sudah memahami 3 hal sepele ini sedini mungkin, niscaya bisnis kita akan berjalan lancar dan berkembang sesuai dengan rencana :

Kurang Memperhatikan Kepuasan Pekerja

Para pekerja adalah ujung tombak suatu bisnis. Jika para pekerja mendapatkan kepuasan kerja yang maksimal, pasti produktivitasnya pun meningkat. Jangan sampai para pekerja kita merasa sangat penat dengan pekerjaannya, mudah sakit, bahkan memutuskan untuk keluar dari bisnis kita. Hal-hal seperti ini pasti sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis kita.

Jangan Lupa dengan Pengelolaan CSR

Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) juga menjadi hal penting yang patut selalu kita perhatikan. Bila sebuah bisnis memiliki konsep pengelolaan CSR yang baik, pasti hubungan dengan masyarakat sekitar, rekan bisnis, dan pihak-pihak lainnya akan semakin lancar. Dukungan dari masyarakat di sekitar lokasi bisnis kita ternyata juga tak kalah penting untuk perkembangan bisnis kita. Maka, jangan sampai hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan pihak-pihak dalam jaringan bisnis lainnya menjadi terganggu.

Tidak Memanfaatkan Keuntungan dengan Baik

Keuntungan bisnis bukanlah sesuatu yang patut membuat kita bangga secara berlebihan. Sebaiknya kita memanfaatkan keuntungan tersebut secara cermat dan penuh perencanaan. Misalnya, untuk memulai investasi pada sektor UMKM Indonesia  melalui Mekar.id.

Prinsip peer to peer lending yang dikembangkan oleh Mekar.id merupakan prinsip yang tepat untuk membantu pengembangan UMKM. Bahkan Mekar.id juga menjadi wadah bagi investor yang ingin meminjamkan modalnya kepada pihak yang dapat dipercaya. Kalau kita memilih Mekar.id sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan keuntungan, maka nilai dana kita pasti bertambah sesuai kesepakatan.

Mulai sekarang, mari lebih cermat mengelola bisnis di tengah persaingan ketat. Bisnis yang berkembang dan terus mengalami perbaikan tentu akan bertahan dan senantiasa dipercaya oleh masyarakat. Selamat berbisnis!

 

Leave a reply "3 Hal Sepele yang Bisa Membuat Perkembangan Bisnis Terhambat"