5 Cara Mudah Mencari Modal Usaha untuk Para Pemula

217 views

artikel-FB-tunaiku-1

Anda berniat membuka usaha dalam waktu dekat tapi dana yang dimiliki tak mencukupi? Tenang, ada cara mudah mencari modal usaha yang bisa Anda terapkan, bahkan untuk pemula sekalipun. Salah satunya dengan menggunakan pinjaman online cepat dari berbagai platform daring. Seperti apa sih caranya dan cara yang lain juga?

  1. Pinjam dengan Jaminan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencari pinjaman dengan jaminan. Ini adalah cara paling mudah untuk dapat pinjaman. Ada banyak tempat yang bisa Anda datangi, salah satunya adalah bank. Anda bisa mengikuti program kredit mult guna atau KMG yang memberi pinjaman pada pengusaha dengan jaminan dan bunga antara 9 hingga 12 persen.

  1. Pinjaman Tanpa Agunan

Selain itu, Anda bisa cari alternatif lain pinjaman bila Anda tak punya apapun untuk dijaminkan. Anda bisa meminjamnya di bank, juga bisa meminjam di berbagai platform online yang saat ini beredar. Pinjaman ini biasanya jadi favorit para pengusaha. Hanya saja, jumlah pinjaman yang bisa didapat agak terbatas.

Rata-rata, Anda hanya bisa meminjam maksimal 20 juta rupiah saja. Sedangkan bila meminjam dengan jaminan, Anda bisa meminjam hingga ratusan juta. Namun keuntungannya adalah tenor cicilan bisa Anda pilih dan lebih singkat serta bunga yang diterapkan bisa lebih rendah bila Anda meminjam di platform pinjaman online cepat daring.

  1. Menjual Aset

Bila Anda memiliki aset seperti kendaraan bermotor, emas, tanah dan lainnya, tak ada salahnya Anda menggunakan itu sebagai modal usaha. Daripada Anda berhutang, lebih baik Anda menjual aset yang ada, kan? Selain lebih gampang, Anda juga tak akan terbebani dengan kewajiban untuk membayar cicilan per bulannya.

  1. Gadaikan Aset

Namun, bagaimana kalau aset tersebut masih Anda butuhkan ke depannya? Kalau Anda sayang pada aset tersebut dan ternyata Anda masih memerlukannya di kemudian hari, ada baiknya Anda menggadaikannya lebih dulu saja. Dengan menggadaikan aset, sebenarnya Anda bisa untung karena tanpa harus kehilangannya, Anda juga bisa dapat modal.

Namun, Anda jangan lupa untuk menebus kembali aset tersebut. Kalau tidak, aset tersebut malah akan melayang alias disita oleh pihak gadai. Jika begini, Anda pasti rugi. Sebab, harga gadai itu tak sebanding dengan harga aset yang Anda miliki jika dijual. Jadi, pastikan Anda melakukan pelunasan sesuai jadwal yang tetal ada, ya!

  1. Joint Adventure

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama. Dengan model joint adventure ini, Anda bisa membuka usaha dengan modal patungan antara Anda dan teman. Cara ini juga lebih menguntungkan karena modal dan pekerjaan biasanya akan dibagi sama rata termasuk juga bila terjadi kerugian.

Anda juga bisa melakukan pinjaman online cepat bersama dengan teman bila perlu. Masalahnya, Anda harus melakukan perjanjian tertulis sebelum cara ini dilangsungkan. Tujuannya adalah untuk menghindari konflik antara Anda dan teman. Perjanjian itu berisi pembagian hasil kerja antara Anda dan teman untuk menghindari terhadinya konflik.

Daripada bingung menerapkan cara di atas, Anda bisa coba menggunakan pinjaman online cepat Tunaiku saja. Di sini, Anda bisa dapat pinjaman hingga 20 juta rupiah dengan syarat yang mudah. Anda juga bisa melunasinya dengan mudah sesuai kemampuan. Jadi, Anda tak akan terlalu terbebani sementara usaha Anda tetap jalan. Bagaimana? Tertarik?

Leave a reply "5 Cara Mudah Mencari Modal Usaha untuk Para Pemula"