5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

169 views

Pupul.org – 5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami, 5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

alat cek gula darah

Jumlah orang yang menderita diabetes terus meningkat. Semakin banyak orang yang kelebihan berat badan dan memiliki gaya hidup yang membuatnya mudah terkena diabetes. Insulin memproses gula atau glukosa dari makanan yang anda makan, merubahnya menjadi energi untuk tubuh anda. Ketika glukosa tidak diproses dalam tubuh, glukosa tersebut tetap berada di darah sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah anda. Kondisi ini disebut sebagai gula darah tinggi atau hiperglikemia. Ini adalah situasi yang berbahaya karena organ-organ tubuh tidak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan dan merusak organ lain yang menerima terlalu banyak gula darah. Kondisi memiliki potensi untuk merusak mata, saraf, ginjal, dan pembuluh darah.

Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang paling umum. Sekitar sembilan puluh persen orang yang menderita diabetes, menderita diabetes tipe 2. Pada tipe ini tubuh memproduksi insulin tetapi tidak dapat memproses glukosa secara efektif. Setidaknya, diabetes tipe ini dapat dibantu dengan merubah pola makan, penurunan berat badan, dan olahraga. Pilihan terbaik yang dapat anda ambil adalah konsultasi dengan dokter dan mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter anda. Dengan melakukan hal tersebut anda dapat mengurangi resiko yang anda miliki terkait dengan diabetes yang anda derita.

Dibawah ini merupakan lima cara aman & mudah untuk menurunkan kadar gula darah anda:

  1. Pola makan : Asupan rendah karbohidrat mungkin merupakan cara yang paling dikenal untuk mengurangi tingkat gula darah, batasi asupan yang kaya karbohidrat seperti nasi, permen, gula, madu, sirup, dan lain-lain. Anda dapat mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang kenari, kacang polong, oatmeal, roti gandum, dan biji rami membantu untuk mengelola diabetes. Makan juga banyak buah-buahan dan sayuran segar.
  2. Olahraga : Terus aktif dan rajin-rajin berolahraga setiap hari. Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang dapat membantu membakar gula dalam darah anda. Jalan kaki, memotong rumput halaman, bahkan pekerjaan rumah tangga adalah pilihan yang baik untuk olahraga yang dapat membantu untuk menurunkan gula darah ke tingkat normal.
  3. Turunkan berat badan : Jika anda memiliki berat badan diatas batas normal, gula darah anda akan menjadi lebih mudah untuk dikontrol jika berat badan anda diturunkan ke tingkat normal. Atur pola makan anda dengan baik dan berolahraga secara teratur.
  4. Suplemen : Orang dengan diabetes kemungkinan besar kekurangan zinc/seng. Mengkonsumsi suplemen atau makan lebih banyak makanan yang mengandung seng diyakini dapat membantu menurunkan tingkat gula darah. Ayam dan sarden adalah salah satu contoh makanan yang merupakan sumber utama seng. Enam ons kayu manis per hari diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula tinggi secara alami, yang juga tersedia dalam bentuk kapsul.
  5. Istirahat yang cukup : Tidak cukup tidur dapat menyebabkan tubuh tidak dapat memproses glukosa secara efektif. Anda dapat membantu menurunkan gula darah dengan istirahat yang cukup.

Tentunya selalu beritahu dokter Anda tentang suplemen yang anda konsumsi, serta jangan berhenti minum obat diabetes anda tanpa izin dokter anda.

Image courtesy of mslivenletlive
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami berguna untuk anda.

Leave a reply "5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami"

No related post!