9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat

291 views

Pupul.org – 9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat, 9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat

9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat

Singkong atau yang biasa disebut dengan ketela pohon adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya penghasil karbohidrat, sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai sayuran. Singkong merupakan bahan makanan pokok setelah beras dan jagung bagi sebagian masyarakat di Indonesia.
Daun singkong memiliki banyak manfaat dan juga memiliki protein yang cukup tinggi. Sedangkan umbinya merupakan sumber karbohidrat. Kayu dari pohon singkong bisa digunakan sebagai pagar untuk kebun atau sebagai kayu bakar untuk memasak di pedesaan. Karena berkembangnya teknologi, kini singkong digunakan sebagai bahan dasar industri makanan maupun industri obat-obatan.
Singkong memiliki banyak sekali manfaat. Misalnya untuk menyembuhkan demam, diare, sakit kepala, cacingan, reumatik, menambah nafsu makan, mengobati luka baru akibat terkena sesuatu yang panas, mengobati penglihatan yang tidak fokus serta mengobati luka yang bernanah. Cara pengolahannya sebagai berikut:
1.    Demam
Pertama, rebus daun singkong secukupnya dengan tiga gelas air hingga mendidih. Kemudian saring untuk diambil airnya, lalu minum dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.
2.    Diare
Pertama, rebus tujuh lembar daun singkong dengan empat gelas air hingga mendidih, sampai tersisa dua gelas. Kemudian saring untuk diambil airnya, lalu diminum dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.
3.    Sakit Kepala
Pertama, tumbuk tiga lembar daun singkong hingga halus, kemudian gunakan sebagai kompres.
4.    Mengobati Cacingan
Pertama, rebus kulit batang singkong  secukupnya dengan tiga gelas air hingga mendidih, sampai tinggal satu gelas saja. Kemudian, saring dan ambil airnya, lalu minum menjelang tidur malam.
5.    Reumatik
Pertama, campur lima lembar daun singkong dan seperempat sendok kapur sirih. Kemudian, tumbuk hingga halus. Lalu gunakan sebagai bedak pada bagian yang sakit. Cara lainnya yaitu rebus sepotong batang singkong dengan lima gelas air hingga mendidih, sampai tersisa empat gelas. Kemudian, saring untuk diambil airnya, minum dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.
6.    Penambah Nafsu Makan
Pertama, rebus daun singkong secukupnya, beri bumbu garam dan bawang putih secukupnya, kemudian makan bersama nasi dan sambal tomat.
7.    Luka Baru akibat Terkena Sesuatu yang Panas
Pertama, parut sebuah singkong, kemudian peras untuk diambil airnya. Biarkan hingga ada endapan pada air hasil parutan singkong. Tepung hasil endapan tersebut dioleskan pada bagian yang luka.
8.    Penglihatan tidak Jelas
Pertama, rebus daun singkong secukupnya, kemudian beri bumbu garam dan bawang putih secukupnya, lalu dimakan bersama nasi setiap hari.
9.    Luka yang Bernanah
Pertama, parut sebuah singkong kemudian tutupkan pada bagian yang luka.
Demikian cara pengolahan singkong untuk mengobati beberapa penyakit, semoga bermanfaat.


Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat berguna untuk anda.

Leave a reply "9 Cara Pengolahan Singkong untuk Obat"

No related post!