Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

121 views

Pupul.org – Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

ibu hamil

Nyeri punggung dialami sekitar 80% dari wanita hamil pada tahap awal kehamilan. Nyeri punggung bawah merupakan tanda awal kehamilan sebelum haid. Banyak wanita cenderung khawatir akan sakit punggung selama masa ini.

Penyebab

Mual, muntah, sembelit, nyeri payudara dan perasaan tidak menyenangkan lainnya adalah gejala umum dari kehamilan. Namun, nyeri punggung merupakan salah satu masalah utama yang menyebabkan ketidaknyamanan pada banyak calon ibu.

Peregangan

Alasan umum adalah peregangan ligamen di sekitar daerah perut. Ini adalah fenomena alam yang mempersiapkan tubuh untuk proses panjang pertumbuhan janin yang akan terjadi dari waktu ke waktu.

Titik Berat

Titik berat tubuh mulai berpindah kedepan bersama dengan berkembangnya rahim. Hal ini menyebabkan perubahan postur, yang akhirnya dapat menyebabkan sakit punggung pada wanita hamil.

Berat Ekstra

Janin berkembang menempatkan tekanan dan berat ekstra pada saraf tulang belakang. Beberapa wanita juga cenderung bertambah berat badan-nya. Punggung harus mendukung ibu dan berat badan bayi yang terus meningkat, sehingga menyebabkan rasa sakit di punggung.

Hormon

Hormon seperti progesteron melembutkan ligamen di daerah panggul dan sendi menjadi longgar. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan tubuh untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi di dalam rahim. Pelonggaran dan pergeseran ligamen dan sendi menyebabkan nyeri punggung saat masa kehamilan.

Infeksi Saluran Kemih

Wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih selama kehamilan. Infeksi bakteri ini menyebabkan sakit punggung pada awal kehamilan.

Postur Tubuh

Wanita cenderung menekuk tubuh kebelakang maupun kedepan karena berat perut mereka. Postur tubuh yang buruk ini menyebabkan rasa sakit di punggung.

Stress

Stres mental dan fisik tubuh mempengaruhi daerah panggul yang lemah. Stres ini menyebabkan masalah punggung tersebut.

Cara Mengatasi

Hal ini tentunya tidak dapat sepenuhnya dicegah, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi intensitas dan frekuensi nyeri punggung. Jika Anda menderita dari masalah ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan langkah-langkah berikut di bawah bimbingan dokter Anda:

  • Minumlah banyak cairan untuk menjaga saluran kemih bebas dari bakteri. Sering buang air kecil akan membantu dalam mengurangi infeksi saluran kemih yang menyebabkan masalah ini.
  • Jangan membungkuk untuk mengambil sesuatu dari lantai. Sebaliknya, jongkok untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda. Hindari mengangkat benda berat karena tidak hanya berbahaya bagi punggung Anda, tetapi bagi janin Anda.
  • Berikan banyak punggung Anda istirahat dan hindari berdiri atau duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. Saat tidur ada baiknya kaki anda ditinggikan dan hindarilah tidur telentang untuk jangka waktu yang lama.
  • Di bawah bimbingan dokter, anda dapat menggunakan sabuk dukungan untuk perut bagian bawah.
  • Berhenti memakai heels dan sepatu yang tidak memberikan dukungan yang memadai untuk punggung Anda. Heels cenderung mempengaruhi postur tubuh Anda.
  • Berguling ke samping saat bangun dari tidur. Tekuk lutut dan pinggul dan dengan bantuan lengan dorong tubuh bangkit dari tempat tidur. Ayun kaki anda lebih rendah ke sisi tempat tidur dan bangunlah dengan perlahan.
  • Duduk di kursi yang mendukung punggung dan menempatkan bantal kecil di belakang punggung bawah. Letakkan kaki Anda dalam posisi yang sedikit ditinggikan. Saat berdiri, istirahatkan satu kaki pada bangku pendek dan sering-sering tukar kaki yang diistirahatkan.
  • Gunakan heat pad untuk punggung anda untuk meringankan ketidaknyamanan. Anda juga dapat menerapkan es bergantian dengan kompresi panas. Anda dapat meminta seseorang untuk menggosok punggung Anda untuk membantu mengurangi rasa sakit.
  • Latihan seperti berenang, berjalan dan aktivitas fisik lainnya dapat membantu membuat punggung lebih kuat dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat mencoba latihan panggul, latihan kardiovaskular, peregangan dan latihan penguatan untuk menghilangkan rasa sakit ini. Ingat, sangat penting untuk melakukan segala bentuk latihan kehamilan di bawah bimbingan ketat dari dokter Anda.

Anda dapat meminta dokter anda untuk memberikan resep obat untuk menghilangkan rasa sakit. Jangan mengambil obat tanpa persetujuan dari dokter anda karena mungkin berbahaya bagi janin anda. Sakit punggung ini adalah hal umum yang dapat dialami oleh calon ibu. Tapi, jangan anggap enteng rasa sakit ini. Jika anda memiliki keraguan atau ketakutan mengenai hal ini, bicarakan lah hal ini dengan dokter anda. Perlu diingat bahwa ketika anda sedang hamil keselamatan janin dan kesehatan anda harus diberi perhatian dan perawatan yang baik.

sumber gambar : serenityphotographyltd
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil berguna untuk anda.