Cara Mengecek Kualitas dari Harga Printer Murah

146 views

Pendidikan tingkat sekolah menengah dan atas saat ini sudah mengenal perangkat komputer sebagai salah satu mata pelajaran ekstranya. Seringkali siswa diminta untuk membuat suatu dokumen atau laporan yang kemudian salinannya diberikan kepada guru untuk penilaian. Dalam hal ini komputer tidak dapat digunakan secara tunggal, diperlukan perangkat lain yang gunanya untuk menghasilkan keluaran berupa kertas yang sudah mengandung tulisan atau gambar yang dibuat. Mencetak di luar atau di percetakan pastinya akan memakan biaya yang tak sedikit apalagi jika tugas tersebut secara berulang-ulang diberikan. Ada baiknya orang tua mulai memikirkan untuk membelikan anaknya sebuah mesin printer yang tidak perlu baru. Meski harga printer murah namun jika masih memiliki kualitas yang baik maka akan tetap dapat digunakan dengan normal.

Harga-printer-canon-1-Jutaan-termurah-e500

Semakin canggihnya teknologi membuat anak didik diminta untuk menguasai teknologi terutama teknologi komputer sebagai salah satu bekalnya untuk terjun ke masyarakat. Penguasaan teknologi tersebut dibuktikan dengan kebiasaan mereka dalam melakukan beberapa kerja menggunakan komputer dan aplikasi serta mesin keluarannya seperti:

  • Membuat laporan keuangan.
  • Membuat tabel.
  • Membuat surat.
  • Membuat diagram.
  • Dsb.

Untuk dapat menunjukkan keahlian siswa, maka diperlukan satu alat keluaran lagi yaitu printer untuk mencetak hasil kerja siswa tersebut di komputer. Para orang tua terkadang lebih memilih untuk mencetakkan di jasa percetakan yang hitungannya murah yaitu kira-kira @500 per lembarnya. Namun apabila tugas dari guru semakin sering dan banyak, maka pasti akumulasi biayanya juga akan semakin besar. Apalagi jika anak akan melanjutkan ke perguruan tinggi yang pastinya akan sering melakukan penulisan laporan atau tugas dari para dosen hingga pembuatan tugas akhir yang kesemuanya membutuhkan sebuah mesin printer untuk mencetak dokumen.

Pilihan yang paling bijak adalah membeli sebuah printer untuk dapat digunakan mencetak berbagai kebutuhan anak tersebut. Anda sebagai orang tua tak perlu harus membeli printer keluaran terbaru yang memiliki harga mahal. Harga printer murah juga dapat menghasilkan cetakan yang baik asalkan printer tersebut masih dalam kondisi baru atau baik. Sebagai contoh,Anda bisa membeli printer keluaran satu atau dua tahun lalu namun masih baru dan memiliki fungsi standar yang sama yaitu mencetak teks dan gambar, atau membeli printer second yang masih baik di toko printer second terpercaya.

Untuk memilih kualitas printer yang baik, maka harga sebenarnya bukan masalah utama. Anda bisa mengeceknya dengan cara sebagai berikut:

  • Lakukan tes print dengan cara mencetak teks seluruh halaman penuh untuk ukuran kertas A4.
  • Lakukan cetak gambar dengan kualitas high untuk satu halaman penuh.
  • Lakukan cleaning.
  • Lihat bagian bawah printer apakah ada basahan tinta.

Jika kesemua cek list tersebut menghasilkan hasil yang baik, maka printer tersebut masih layak digunakan. Namun harganya juga pasti disesuaikan dengan masa kerja printer sebelumnya. Pastinya printer baru dan second memiliki perbedaan harga yang signifikan.

Itulah cara memilih printer dengan harga printer murah agar mendapatkan printer yang masih layak pakai untuk kebutuhan sekolah dan kuliah anak. Semakin cepat Anda membeli printer maka akan semakin besar penghematan yang bisa Anda lakukan dalam hal biaya percetakan. Apalagi printer jika dijaga dengan baik akan dapat beroperasi hingga beberapa tahun lagi sehingga jika anak memasuki perguruan tinggi, Anda tak perlu repot membeli printer lagi atau membayar biaya cetak untuk keperluan tugas anak yang semakin banyak.

 

Leave a reply "Cara Mengecek Kualitas dari Harga Printer Murah"