Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat

222 views

Pupul.org – Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat, Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat

Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat

ruam panas pada bayi

Ruam panas, umumnya dikenal sebagai biang keringat, adalah ruam kulit yang disebabkan karena kulit terlalu panas atau karena keringat terjebak dalam kelenjar keringat. Meskipun biasanya terjadi dalam cuaca panas dan lembab, bisa juga terjadi dalam keadaan sebaliknya. Anak-anak dan bayi-lah yang biasanya sering terkena biang keringat, tetapi orang dewasa juga bisa terkena entah karena olahraga atau terpapar panas.

Istilah ilmiah yang digunakan untuk menyebut ruam panas adalah 'miliaria'. Lecet kecil merah terjadi pada leher, bahu, punggung dan daerah lain di mana keringat tersumbat. Pori-pori tersumbat juga dapat dikarenakan oleh sel kulit mati dan bakteri yang dikenal sebagai Staphylococcus epidermidis. Pengobatan diperlukan karena dapat menyebabkan gatal-gatal, rasa terbakar/menyengat, rasa tusukan, dan ketidaknyamanan lain yang mengganggu. Jika tidak diobati, infeksi kulit juga dapat berkembang. Ada sejumlah cara yang dapat secara efektif mengobati dan menyembuhkan semua gejala.

Pengobatan untuk Bayi

Seperti disebutkan sebelumnya, bayi dan anak-anak yang paling rentan terkena ruam panas, karena kelenjar keringat mereka kurang berkembang. Orangtua biasanya memakaikan pakaian berlebihan untuk menjaga bayi mereka hangat dan melindunginya dari serangga seperti nyamuk, sehingga membuat bayi berkeringat berlebihan dan terkena ruam panas. Pada bayi, hal itu juga dapat terjadi karena pakaian yang sangat ketat dan karena popok. Ikuti tips di bawah ini untuk mengatasi kondisi ini pada bayi anda.

  • Menyediakan lingkungan sejuk yang tidak lembab dengan menggunakan AC atau kipas angin.
  • Jauhkan bayi dari popok dan pakaian untuk sementara waktu atau membuatnya memakai pakaian longgar. Hindari pakaian sintetis dan hanya gunakan pakaian katun.
  • Gunakan bedak biang keringat dan lotion kalamin di mana terdapat biang keringat.
  • Hindari salep berbahan dasar minyak, karena mereka membuat kulit hangat dan lembab yang hanya akan memperburuk kondisi. Selain itu, hindari memijat si bayi dengan minyak, jika ia menderita biang keringat.
  • Gunakan flanel basah untuk melegakan daerah yang terkena biang keringat dan memandikan bayi dalam air hangat.
  • Anda juga dapat menerapkan gel lidah buaya pada daerah yang terkena biang keringat.
  • Potong kuku bayi secara teratur dan bungkus tangannya dengan kaus kaki agar si bayi tidak menggaruk daerah yang terkena biang keringat.

Jika ruam panas yang di alami si bayi parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Pengobatan untuk Orang Dewasa

Ruam panas pada orang dewasa dapat berkembang sebagai akibat dari keringat berlebihan, demam tinggi dan mengenakan pakaian ketat untuk jangka waktu yang panjang. Pada orang dewasa, juga dapat disebabkan karena kurang higienis dan karena reaksi alergi yang disebabkan oleh penggunaan antiperspiran dan deodoran tertentu. Biasanya biang keringat dapat sembuh sendiri dalam dua sampai tiga hari dan pengobatan mungkin tidak diperlukan. Tapi terkadang biang keringat tidak sembuh dengan sendirinya dan perlu diobati.

  • Bersihkan daerah yang terkena dengan larutan antibakteri dan biarkan kering dengan sendirinya.
  • Pakailah pakaian katun longgar dan hindari pakaian sintetis.
  • Gatal bisa diatasi dengan menerapkan calamine lotion, bedak biang keringat atau gel lidah buaya. Menggosok es akan membantu menenangkan sensasi terbakar dan tertusuk.
  • Krim dan obat yang mengandung hydrocortisone juga dapat membantu dalam meringankan gatal.
  • Mandi air dingin dapat melegakan daerah yang terkena biang keringat. Ingatlah untuk menjaga kulit kering untuk menghindari pertumbuhan lebih lanjut karena bakteri.
  • Hindari menggaruk daerah biang keringat yang gatal dengan jari, karena dapat menambah bakteri.
  • Kurangi mengonsumsi minuman dan makanan yang pedas. Tambah asupan buah-buahan, jus dan salad.

Pengobatan Rumahan

  • Gosok es batu kecil di daerah yang terkena biang keringat untuk efek melegakan.
  • Basahi kain dengan air dingin dan terapkan kain ke daerah di mana ruam telah berkembang.
  • Buat campuran 1 cangkir oatmeal dengan 3 sendok makan baking soda dicampur dalam air mandi. Mandilah dengan air ini, bilas dan keringkan secara menyeluruh.
  • Oleskan tepung sereal(gram flour) di daerah yang terkena dan biarkan sampai kering. Bilas dengan air dingin.
  • Buatlah ramuan dari 2 sendok makan bubuk cendana dan dua sendok makan bubuk ketumbar dengan susu dingin. Oleskan ramuan ini ke daerah yang terkena dan biarkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air dingin.
  • Minum banyak air. Minum air membantu menjaga suhu tubuh serta untuk menghindari dehidrasi.

Biasanya aktivitas atau latihan yang berat menghasilkan keringat berlebihan sehingga akhirnya menyebabkan ruam panas, jadi sebaiknya hanya lakukan aktivitas ringan, setidaknya selama musim panas. Metode pengobatan diatas merupakan metode yang cepat dan efektif untuk mengatasi ruam panas. Namun, jika ruam panas tetap ada bahkan setelah tiga sampai empat hari, carilah pertolongan medis untuk mendapat saran apa yang perlu dilakukan.

Image courtesy of avlxyz
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Ruam Panas atau Biang Keringat"