Cara Mudah Redakan Sakit Gigi

185 views

Pupul.org – Cara Mudah Redakan Sakit Gigi, Cara Mudah Redakan Sakit Gigi

Cara Mudah Redakan Sakit Gigi

   Sebagian orang mungkin pernah merasakan sakit gigi. Rasanya mungkin begitu menyakitkan, bahkan melebihi sakit hati J. Mengalami sakit gigi adalah hal yang menjengkelkan, karena pipi akan membengkak, saat makan menjadi tidak nikmat, bahkan bisa membuat susah tidur.

            Sakit gigi dapat diakibatkan oleh gigi berlubang, gigi retak, gigi terkikis, kebanyakan memakan permen atau gusi yang terinfeksi. Berbagai cara biasa dilakukan oleh orang yang mengalami sakit gigi untuk mengobatinya seperti minum obat yang biasa dijual di warung-warung. Memang, obat tersebut akan membantu meredakan sakit gigi yang begitu tak tertahankan, namun perlu diperhatikan bahwa obat seperti itu dapat menimbulkan kekebalan tertentu pada tubuh. Berikut ini cara mudah dan alami atasi sakit gigi:

1.    Es Balok
Es balok dapat meringankan sakit gigi. Caranya: cukup letakkan sepotong es balok kecil dan letakkan pada sela-sela ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian pijat secara perlahan bagian tersebut, maka sakitnya perlahan akan menghilang. Dengan pemijatan pada daerah tersebut, akan menyentuh sel-sel syaraf yang langsung terhubung ke pusat syaraf, sehingga 60% hingga 90% rasa sakit yang Anda rasakan akan segera menghilang.

2.    Garam
Garam memiliki rasa yang asin dan kandungan Iodium (Yodium), tetapi di balik rasa asinnya tersebut, garam mampu mengobati rasa ngilu pada gigi. Caranya: cukup campurkan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam larut, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Kumurlah hingga rasa sakit pada gigi mulai menghilang.

3.    Gosok Gigi
Kurang menjaga kebersihan mulut adalah penyebab utama sakit gigi, karena hal tersebut membuat banyak sekali bakteri yang berkumpul dan mengakibatkan rasa sakit pada gigi. Jadi, bagi Anda yang malas gosok gigi, sebaiknya mulai sekarang rajin gosok gigi agar kebersihan mulut terjaga. Dengan gosok gigi setelah makan dan jangan lupa untuk gosok gigi sebelum tidur, agar sisa makanan yang masih tersisa di sela-sela gigi hilang.

Meskipun Anda sudah rajin menggosok gigi, cara menggosok gigi yang salah juga dapat mengakibatkan timbulnya rasa sakit. Jadi, gosoklah gigi Anda dengan benar dan bersih.

4.    Air Putih
Dengan rutin minum air putih, bakteri tidak akan berlama-lama tersangkut di mulut dan menyebabkan sakit gigi. Sebaiknya Anda biasakan untuk kumur setelah makan, agar sisa makanan yang tersangkut pada gigi dapat hilang.

5.    Pasta Gigi
Sakit gigi juga bisa diakibatkan oleh pasta gigi yang Anda gunakan. Penyelesaiannya dengan ganti pasta gigi Anda setelah beberapa bulan secara berkala, karena bakteri cenderung terbiasa dan kebal jika Anda sering menggunakan pasta gigi yang sama.

6.    Kompres dengan Air Hangat atau Dingin
Bila gigi Anda terasa sakit, cobalah kompres dengan air panas atau dengan air dingin, dengan demikian, gigi Anda sementara akan mati rasa, sehingga sakitnya dapat berkurang.

7.    Makanan yang Direbus
Sebaiknya makan makanan yang direbus terlebih dahulu, karena teksturnya lebih lembut dan tidak akan menyakiti gigi Anda.

8.    Jeruk Nipis
Gunakan jeruk nipis untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, caranya: peras sari jeruk nipis dan oleskan sesendok jeruk nipis pada gigi yang sakit. Lakukan setiap 10 menit hingga air perasan jeruk tersebut habis.

9.    Bawang Putih
Bawang putih ampuh untuk meredakan sakit gigi. Caranya: potong satu siung bawang putih hingga halus, kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah bawang tersebut di daerah gigi yang sakit. Dengan begitu, rasa sakitnya perlahan-lahan akan menghilang. Cara tersebut juga mampu menguatkan struktur tulang gigi.

10. Bawang Merah
Bawang merah dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Selain dapat meredakan sakit gigi, bawang merah juga mampu membunuh kuman-kuman dalam mulut.
            Semoga dengan cara mudah merdakan sakit gigi di atas dapat membantu meringankan rasa sakit gigi Anda. Bila sakit berlanjut, hubungi dokter J.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mudah Redakan Sakit Gigi, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mudah Redakan Sakit Gigi berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Mudah Redakan Sakit Gigi"

No related post!