Joran yang Harus Diketahui Para Pemancing Mania Pemula

420 views

Memancing merupakan salah satu hobi yang digemari bagi sebagian orang. Banyak manfaat yang bisa diambil dari memancing dan salah satunya adalah melatih kesabaran karena Anda tidak tahu kapan umpan yang terpasang pada kail Anda akan dimakan oleh ikan dan Anda mendapatkan hewan laut tersebut. Untuk memancing, Anda butuh berbagai macam perlengkapan dan salah satunya adalah joran atau batang atau tangkai pancing.

Menentukan-Joran-untuk-Para-Pemula

Masing-masing tempat untuk memancing butuh tangkai pancing yang tepat agar bisa memancing dengan maksimal. Pertama adalah jenis spinning yang menggunakan rel spinning yang cara memancingnya menggunakan teknik casting. Pancing ini cocok untuk Anda yang memancing di laut misalnya untuk memancing ikan barracuda. Cirinya yaitu terbuat dari bahan grafit dan fiber, lentur dan tidak mudah berkarat, ringan, panjang umumnya sekitar 150-210 cm.

Kedua adalah pancing baitcasing untuk memancing di tempat yang sempit dan sulit misalnya di sungai atau di rawa. Butuh keahlian untuk menggunakan jenis pancing ini karena butuh akurasi yang tepat dengan cara dilempar dari arah samping ke depan. Pancing yang cocok untuk memancing ikan gabus, lele, predator di perairan keruh ini memiliki panjang 150-200 cm, punya tumpuan pegangan khusus di dudukan rel untuk telunjuk, diameter ring yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis pancing spinning.

Ketiga adalah pancing surf casting untuk memancing di tebing pinggiran laut serta pantai dan biasanya digunakan oleh para profesional. Joran yang menggunakan reel besar ini bertujuan untuk menampung senar panjang yang bisa sampai 5.000 ke atas. Panjang pancing ini bisa mencapai 360-500 cm dengan gagang/grip dari bahan yang kuat dan memiliki model antena serta sambungan. Keempat adalah pancing higging untuk teknik jigging dengan cara tarik ulur secara random. Ciri pancingnya adalah panjang 150-210 cm dengan model reel spinning mulai ukuran 4000 ke atas, berdiameter kecil dengan blank panjang agar pancing tetap lentur serta mempunyai 1 ring guide besar atau stripping guide yang dilengkapi dengan ring guide kecil atau snake guide.

Kelima adalah pancing popping untuk pemancing dengan umpan buatan misalnya umpan dari plastik yang disebut dengan popper. Walaupun memiliki bobot yang ringan, jenis pancing ini bisa mengangkat hingga beban 50 kg. Pancing yang terbuat dari bahan carbon composite ini memiliki tingkat kekuatan atau kualitas misalnya PE6 yang memiliki kekuatan senar terkuat. Ciri dari pancing popping yaitu:

  • Panjangnya 210-260 cm.
  • Memiliki model spinning reel berukuran 5000 ke atas.
  • Model sambungan dengan 2-3 bagian.
  • Memiliki ring guide yang diameter pangkalnya lebih besar dan terbuat dari silikon carbide dan metal alloy agar tidak mudah rusak saat mengangkat beban berat.

Jenis joran yang lainnya dan ciri dari pancing tersebut diantaranya yaitu:

  • Pancing trolling untuk pemancing dengan teknik trolling atau menyeret umpan dengan kecepatan sedang. Pancing dengan reel overhead ini miliki panjang 150-210 cm, memiliki model pancing lurus dan bengkok dan line guide jenis light dan medium berbobot 50 lbs (22,5 kg) serta heavy trolling 50lbs ke atas dengan roller guide.
  • Ada pancing ice fishing untuk di kolam atau di danau memiliki panjang sedang dan model reel bisa ditentukan sesuai kesukaan pemancing dan ada jenis sambungan dan teleskopik.
  • Fly fishing untuk umpan flies agar bisa menangkap ikan kecil panjangnya 180-450 cm dan punya ring berdiameter kecil, blank lentur dan 1 ring guide besar.

 

Leave a reply "Joran yang Harus Diketahui Para Pemancing Mania Pemula"