Manfaat Tomat untuk Kesehatan

114 views

Pupul.org – Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat tomat untuk kesehatan. Tomat mempunyai nama latin Lycopersicum esculentum Mill, termasuk keluarga solanaceae. Tomat berasal dari Amerika Latin. Tomat mempunyai rasa yang sedikit asam. Tomat biasanya digunakan untuk campuran masakan seperti sup dan sambal tomat. Tomat juga bisa dibuat jus.
Bayak sekali kandungan gizi dalam 100 gram tomat. Tomat mengandung betakaroten, terutama likopen yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Tomat juga mengandung vitamin C, vitamin E dan memiliki sifat antioksidan. Penelitian menunjukkan tomat mengandung likopen. Likopen lebih optimal diserap tubuh setelah diolah menjadi sup atau masakan lainnya.
Manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan antara lain.
Melawan Kanker
Laporan dari Journal of National Cancer Institute menyatakan bahwa kaum pria yang mengkonsumsi 10 porsi makanan berbahan dasar tomat jarang terkena kanker prostat. Diperkirakan karena kandungan likopen.
Tidak hanya kanker prostat, penelitian dari Universitas Illionis menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat menghindari gejala kanker rahim, kanker lambung, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker pankreas.
Jantung Koroner
Penelitian terhadap para pria Eropa menunjukkan, mereka yang di dalam tubuhnya memiliki kadar likopen tinggi, jarang terkena serangan jantung. Kandungan asam salisilat pada tomat mampu mencegah pengentalan darah.
Kulit dan Jerawat
Vitamin B3 mampu menghaluskan kulit karena vitamin B3 mampu melancarkan peredaran darah, sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan.
Jerawat dapat ditaklukkan dengan tomat, karena zat tomatinnya bersifat antiradang dan antibakteri. Caranya dengan belah tomat, kemudian oleskan pada wajah, biarkan mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.
Melancarkan Pencernaan
Tomat kaya serat, air dan mineral yang dapat membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitratnya membantu mencegah terbentuknya batu empedu. Dengan sifatnya yang antiradang, tomat dapat mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan.
Catatan :
          I.       Tomat dapat mencegah asam urat. Vitamin A dan vitamin C pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh
           II.       Bagi yang menderita radang seperti osteoartritis, radang sendi, asma dan bronkitis dianjurkan tidak mengkonsumsi tomat karena dapat menambah parah penyakitnya.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Manfaat Tomat untuk Kesehatan berguna untuk anda.

Leave a reply "Manfaat Tomat untuk Kesehatan"