Menyambangi Pulau Cantik dan Terdekat dari Kota Makassar

109 views

pulau

Ilustrasi Pulau Khayangan Pixabay

 Kota angin mamiri alias Makassar memiliki wisata bahari yang tak kalah memesonanya dengan Timor Leste. Dengan mengunjungi satu kota saja kamu sudah bisa berlibur ke pantai hingga pulau-pulau yang langsung menyajikan hamparan laut lepas. Jika biasanya menyambangi sebuah Pulau kamu harus pergi hingga berjam-jam dan dilanjutkan lagi dengan naik perahu puluhan menit.Di Makassar ada satu Pulau yang dapat dijadikan alternatif jika ingin berlibur ke Pulau tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan tidak terlalu jauh.

Adalah Pulau Khayangan. Pulau kecil yang memiliki hamparan pasir putih ini dulunya bernama Merraux atau Marrouw. Sesuai namanya, pulau ini memberikan suasana yang nyaman dan tenang kepada para pengunjungnya. Pulau Khayangan memiliki luas tanah kurang lebih satu hektar. Jangan dulu berkecil hati dengan luas tanahnya. Setelah membaca hingga bawah, kamu akan dibuat terpesona oleh Pulau yang berjarak satu kilometer dari Kota Makassar ini.

Ada Apa di Pulau Khayangan?

Dari jauh, kamu sudah bisa melihat hamparan pasir putih yang menutupi dataran Pulau Khayangan. Saat di perahu lihat lah ke air laut, kamu bisa melihat bebatuan kerikil atau ikan-ikan kecil dengan jelas karena perairannya yang jernih. Saat ini Pulau Khayangan memang masih didatangi oleh wisatawan. Namun, dari segi jumlah sudah tidak seramai dulu.

Pulau Khayangan cocok disambangi bersama keluarga karena fasilitas hiburannya pun lengkap. Mulai dari hiburan anak yakni ayunan yang berada di tepi pulau, waterslide dari kayu, kolam renang yang ada di tengah pulau, rumah makan, cafe, banana boat, bungalow,  snokeling, ruang serba guna, atau mencoba peruntungan dengan memancing di anjungan yang menjorok ke laut. Umumnya rumah makan atau cafe di Pulau Khayangan menjual makanan seperti mie rebus, bakso, dan juga ikan bakar. Harganya pun masih terjangkau untuk ukuran objek wisata. Pengelola di sini pun menyedikan penyewaan alat-alat snorkeling seharga Rp35.000.

Jika mau berjalan cukup jauh, kamu bisa menemukan berapa buah aquarium yang berisikan beraneka ragam ikan hias air laut.  Kamu pun masih bisa eksis dan mengunggah kegiatan yang dilakukan di Pulau Khayangan karena ada fasilitas WiFi di beberapa tempat.

Saat berada di Pulau Khayangan jangan lupa untuk berswafoto atau memotret panorama keindahan Pulau Khayangan. Ada beberapa spot yang cocok untuk berfoto-foto dan tempat yang tepat untuk melihat matahari terbenam. Misalkan saja, rumah panggung yang menjorok di atas laut berada di sisi barat pulau. Dulunya, rumah panggung ini dijadikan sebuah restoran. Sayangnya bangunannya kurang terurus hingga dikhawatirkan rubuh. Sisi barat pulau ini juga menawarkan panorama yang mengagumkan seperti menghadap ke laut lepas. Terakhir, untuk melihat matahari terbenam dengan sempurana tanpa halangan yakni menyusun bangku di bawah pohon yang rindang. Sembari menikmati hembusan angin laut. Sisi pulau timur lebih menampilkan gemerlap lampu kota Makassar dan hilir mudik kapal atau speed boat yang mengatarkan para wisatawan ke pulau.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pulau Khayangan, sebagai permulaan kamu bisa mulai cek tiket ke Makassar. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga promo. Atau, kamu bisa mencari harga tiket pesawat promo di reservasi.com.

Rute dan Cara Menuju Pulau Khayangan

Tak hanya pulau yang terdekat dari Kota Makassar. Pulau Khayangan pun sangat mudah diakses. Dari pusat Kota Makassar, kamu dapat mengarahkan kendaraan atau angkutan umum yang menuju Benteng Fort Rotterdam yang terletak di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading.  Benteng ini masih satu kawasan dengan pantai Losari. Dari Benteng dilanjutkan menuju Dermaga,  kurang lebih dalm waktu 15 menit berlayar dengan kapal atau speedboat kamu pun sudah tiba di Pulau Khayangan.

Harga atau Biaya ke Pulau Khayangan

Biaya untuk menyebrang dari Dermaga ke Pulau Khayangan dengan menggunakan kapal hanya Rp30.000 untuk pulang dan pergi. Kamu akan dijemput kembali sesuai dengan jadwal yang ada di tiket. Biasanya kapal tersedia setiap 30 menit. Dermaga mulai beroperasi mulai pukul 08.000 hingga 20.000. Terkecuali Minggu hingga pukul 22.00. Sedangkan biaya untuk penginapan di Pulau Khayangan yang berupa Bungalow rentang harga mulai dari Rp150.000 per tiga jam dan Rp300.000 untuk sehari.

Tips bagi kamu yang hendak ke Pulau Khayangan sebaiknya gunakan tabir surya dan gunakan topi. Terik matahari saat berlayar dan di Pulau cukup menyengat. Gak mau dong habis liburan, kulit muka gosong atau belang. Sedangakn untuk penginapan, jika kamu masih ada objek wisata di Makassar yang ingin dikunjungi, lebih baik cari penginapan atau hotel murah di Makassar. Di dekat Pantai Losari masih ada hotel travel dengan bujet dibawah Rp200.000-an.

Leave a reply "Menyambangi Pulau Cantik dan Terdekat dari Kota Makassar"