Pengertian Motherboard

118 views

Pupul.org – Pengertian Motherboard, Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit elektronik sebagai tempat berinteraksinya sistem operasi, program aplikasi dan data yang dihubungkan dengan semua peralatan komputer lainnya seperti sebagai pendukung. Sebagai papan sirkuit elektronik fungsinya juga untuk menancapkan semua alat-alat pada slot yang menjadi komponen-komponen dalam CPU yakni harddisk, floppy disk, memory dan prosesor. Sedang sebagai penghubung dengan perangkat keras lainnya adalah untuk menghubungkan CPU dengan monitor, printer, keyboard , mouse dan perangkat multimedia lainnya.

Istilah-istilah lain dalam motherboard untuk menjalankan fungsinya adalah sebagai berikut:

I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

Data Bus
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada saat tertentu, masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32 atau 64 jalur paralel.

Address Bus
Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel.

Control Bus
Control bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pengertian Motherboard, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pengertian Motherboard berguna untuk anda.

Leave a reply "Pengertian Motherboard"

No related post!