Toko Pancing, Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Jalankan

384 views

Mungkin, bagi sebagian besar orang membuat rencana keuangan bisnis terlalu formal dan kaku, apalagi jika ia ingin membuka toko pancing yang berdasarkan pada hobi yang ia miliki. Padahal, walaupun usaha yang kita bentuk berdasarkan pada hobi yang kita miliki, tetap saja kita harus melibatkan banyak pihak. Bahkan bisnis ini dapat digunakan untuk meyakinkan calon investor sehingga mereka mau mengucurkan dana. Sebelum memutuskan menggunakan uang sebagai modal bisnis, pastikan Anda membuat rencana keuangan.

Damay-Fishing-1

Untuk bisnis seperti toko alat-alat pancing, bisa dipastikan memerlukan pendanaan yang cukup besar. Apakah Anda memiliki modal tersebut? Anda bisa mencoba mencari dana dari investor, perbankanhingga modal ventura. Dari aspek ini, terdapat dokumen tertulis yang berbentuk bisnis plan. Tujuannya ialah memberi gambaran singkat seperti apa bisnis yang sedang Anda tawarkan ini, dan mengapa produk tersebut harus diberi suntikan investasi dan menarik untuk diberi suntikan investasi. Anda bisa membuat pertanyaan di kepala investor dengan apakah melakukan investasi akan menghasilkan uang, apakah investor memahami konsep yang Anda miliki, hingga apakah Anda dapat dipercaya?

Untuk membuat rencana keuangan toko pancing, Anda bisa mulai dari membuat executive summary dan latar belakang perusahaan. untuk executive summary merupakan etalase toko, sehingga harus dibuat menarik, Anda bisa membuat judul serta ringkasan singkat mengenai konsep bisnis yang Anda miliki. Isinya ialah misi dan visi tujuan perusahaan. semua harus enak dilihat serta tidak bertele-tele. Untuk latar belakang perusahaan, latar belakang bisa mengupas deskripsi dan pandangan Anda sekarang ini hingga masa yang akan datang. Cantumkan pula struktur organisasi serta orang-orang yang berada di balik bisnis Anda.

Kedua, strategi pemasaran dan melihat kekurangan dan kelebihan kompetitor. strategi pemasaran dibuat saat Anda sudah melakukan sebuah analisa pasar. Seorang pengusaha harus familiar dengan berbagai aspek yang mempengaruhi perusahaan sehingga target pasar akan mudah ditentukan. Biasanya strategi pemasaran ini dibentuk untuk jangka pendek hingga panjang. Bagaimana dengan analisis kompetitor? setiap usaha pasti memiliki kompetitor bukan? Analisis kompetitor ini berguna untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. selain itu, Anda juga bisa mencari strategi yang bisa menguntungkan usaha dan hambatan apa yang bisa diubah menjadi hal yang menguntungkan.

Ketiga, sumber daya manusia serta analisa keuangan. Hal ini adalah hal yang cukup krusial untuk membuat rencana keuangan bisnis. Analisis sumberdaya manusia dapat berisi mengenai orang-orang yang memerlukan kompetisi tertentu agar bisa menjalankan roda bisnis. Pada analisa keuangan, analisa ini seperti ramalan pengeluaran serta pendapatan ketika bisnis berjalan. Hal ini juga menyangkut pengembalian modal.

Terakhir, perencanaan pelebaran usaha serta resiko yang akan dihadapi. Meskipun sekarang Anda berencana membuka beberapa toko pancing, namun pasti Anda ingin membuka lebih banyak toko di masa yang akan datang bukan? Perencanaan pengembangan usaha ini menjadi hal yang menarik dan dapat Anda lirik untuk diubah menjadi daya tarik. Untuk masalah ini, jangan lupa melampirkan strategi bisnis. Bagaimana dengan manajemen resiko? Sebagus apapun ide yang kita miliki, resiko usaha pasti akan selalu ada. Di dalam hal ini, investor bisa melihat resiko paling buruk yang akan terjadi di sebuah perusahaan. dalam rencana keuangan, resiko bisa berupa resiko operasional, resiko bisnis dan yang lainnya. jangan lupa menulis apa saja strategi yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan resiko ini.

 

Leave a reply "Toko Pancing, Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Jalankan"